Rabu, 17 Februari 2010

Gunung Rinjani , NTB

Rabu, 17 Februari 2010 0 komentar


Rinjani memiliki panaroma yang bisa dibilang paling bagus di antara gunung-gunung di Indonesia. Setiap tahunnya (Juni-Agustus) banyak dikunjungi pencinta alam mulai dari penduduk lokal, mahasiswa, pecinta alam. Suhu udara rata-rata sekitar 20°C; terendah 12°C. Angin kencang di puncak biasa terjadi di bulan Agustus. Beruntung akhir Juli ini, angin masih cukup lemah dan cuaca cukup cerah, sehingga pendakian ke puncak bisa dilakukan kapan saja.

Gunung Rinjani terletak di Pulau Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat dan menjadi bagian Taman Nasional Gunung Rinjani.. Gunung dengan ketinggian puncak 3.726 m dpl merupakan gunung berapi ketiga tertinggi di Indonesia setelah Punjak Jaya dan Kerinci Gunung ini merupakan salah satu gunung favorit pendaki Indonesia karena keindahan pemandangannya.

Di sebelah barat kerucut Rinjani terdapat kaldera dengan luas sekitar 3.500 m × 4.800 m, memanjang k earah timur. Di kaldera ini terdapat danau seluas 11.000.000 m persegi dengan kedalaman 230 m. Air yang mengalir dari danau ini membentuk air terjun yang sangat indah, mengalir melewati jurang yang curam. Di Segara Anak banyak terdapat ikan mas dan mujair sehingga sering digunakan untuk memancing. Dengan warna airnya yang membiru, danau ini bagaikan anak lautan, karena itulah disebut "Segara Anak". Bagian selatan danau ini disebut dengan Segara Endut.

Di sisi timur kaldera terdapat Gunung Baru (Gunung Baru Jari atau anak Gunung Rinjani) yang memiliki kawah berukuran 170 m×200 m dengan ketinggian 2.296 - 2376 m dpl. Gunung kecil ini terakhir meletus pada 2 mei 2009 .

Posted in

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut

aku :)

aku :)
bersama sista